Jumat, 04 November 2011

Ciri Khas Nurul Fikri

A. Konsep Dasar
BKB Nurul Fikri bukan sekedar bimbingan tes yang mengajarkan berbagai trik mengerjakan soal dengan cepat dan mudah kepada para siswanya. BKB Nurul Fikri berupaya memberikan pemahaman konsep dasar yang tepat dan lengkap, dengan mengembangkan suatu metoda praktis yang mencoba mentranformasikan penguasaan konsep pelajaran ke dalam perilaku siswa agar mampu menyelesaikan soal-soal secara sistematis dengan hasil akhir :
a). Tahu dari mana harus menyelesaikan soal.
b). Berinisiatif.
c). Menyenangi.
d). Mampu dan mengetahui kapan menggunakan rumus-rumus umum dan kapan pula menggunakan rumus praktis.
e). Melekat, sehingga mendukung proses belajar pada jenjang yang lebih tinggi.

Karena konsepnya adalah pembentukan perilaku, maka hasil yang optimal ditentukan oleh faktor waktu lamanya berinteraksi. Dengan demikian semakin dini bergabung BKB Nurul Fikri diharapkan hasilnya akan semakin baik.

B. Pembinaan Kepribadian Muslim
BKB Nurul Fikri tidak puas sekedar memberikan bekal intelektual kepada para siswanya. BKB Nurul Fikri berusaha melakukan pembinaan kepribadian muslim yang ditekankan pada pembentukan akhlaqul karimah. Materi-materi terkait diberikan kepada para siswa pada saat proses belajar mengajar berlangsung. Topik-topik bimbingan diantaranya :

a). Mengenal Allah
b). Mengenal Rasul
c). Mengenal Islam
d). Mengenal hakekat diri.
e). Mengenal hakekat kehidupan.
f). Akhlak terhadap orang tua.
g). Akhlak terhadap guru.
h). Dinamika kelompok.
i). Kreativitas
j). Gaya belajar.
k). Alternatif pendidikan setelah SLTP
l). Alternatif pendidikan setelah SLTA
m). Informasi Nilai Nasional dan Matriks Bantu Pemilihan Jurusan (MBPJ)
n). Informasi jurusan-jurusan di Perguruan Tinggi
o). Bimbingan dan konseling lainnya.

Topik-topik bimbingan tersebut disampaikan dalam kegiatan tatap muka di kelas melalui sesi Bimbingan dan Informasi Pendidikan (BIP) yang dikelola oleh sejumlah sarjana Psikologi dan didukung oleh tenaga pengajar dari berbagai disiplin ilmu yang lain. Selain itu, BKB Nurul Fikri juga berupaya untuk menciptakan suasana Islami selama berlangsungnya proses belajar mengajar.

C. Biaya yang Terjangkau
BKB Nurul Fikri dikelola berdasarkan motivasi amal Islami, bukan bisnis semata, sehingga sama sekali tidak ada pretensi untuk memberatkan para siswa dengan menuntut biaya yang tinggi. Biaya yang dikenakan oleh BKB Nurul Fikri Insya Alloh reasonable dan terjangkau oleh masyarakat dari berbagai tingkat ekonomi, karena kami memang berharap bahwa pelayanan yang disediakan BKB Nurul Fikri dapat dinikmati oleh kalangan seluas mungkin.

D. Pengolahan Nilai Try Out SNMPTN
Dalam setiap Try Out SNMPTN yang dilakukan di BKB Nurul Fikri, baik pada program reguler maupun program intensif, nilai peserta akan diolah dengan menggunakan sistem penghitungan Nilai Nasional seperti di SNMPTN asli. Hasil penghitungan Nilai Nasional tersebut nantinya dapat dipergunakan siswa untuk memilih jurusan yang sesuai dengan nilai yang mereka peroleh melalui MBPJ (Matriks Bantu Pemilihan Jurusan) yang merupakan paduan praktis bagi siswa untuk memilih jurusan yang sesuai dengan kemampuan mereka.

E. Kemitraan yang Harmonis dengan Sekolah Kami sadar, keberhasilan para siswa dalam menempuh UN (Ujian Nasional), SNMPTN, USM dan lain-lain, bukanlah berkat keberadaan kami semata. Para guru di sekolah mendidik para siswa 6 hari sepekan, setiap hari lebih dari 6 jam. Sementara para siswa tersebut bersama BKB Nurul Fikri hanya 2 hari sepekan, setiap harinya 3 jam. Maka hubungan yang harmonis antara BKB Nurul Fikri dengan sekolah merupakan salah satu kunci keberhasilan pendidikan para siswa.

0 komentar:

Poskan Komentar