Jumat, 04 November 2011

Profil BKB Nurul Fikri

PENGANTAR
Di tengah pesatnya kemajuan teknologi, kebutuhan akan manusia-manusia cerdas, terampil dan mandiri, tidak dapat tidak harus terpenuhi. Hal ini merupakan konsekuensi logis dari sebuah perubahan ke arah kemajuan. "Iklim" yang nyaris sama di seluruh belahan dunia akibat globalisai informasi mengakibatkan kebutuhan akan manusia-manusia unggul semakin mendesak. Namun, manusia yang semata-mata cerdas terampil dan mandiri saja tidak menjamin akan dapat memberikan kontribusi yang positif dalam kehidupan. Tanpa pembekalan iman dan takwa kepada Alloh SWT, manusia-manusia yang menguasai IPTEK tersebut justru akan mengarahkan peradaban umat manusia ke lembah kehancuran.

Manusia yang cerdas, terampil dan mandiri sekaligus beriman dan bertakwa tidak muncul dengan sendirinya. Kehadirannya harus direkayasa dengan sengaja. Untuk itu, upaya-upaya yang tepat dan berkesinambungan mutlak dilakukan.


Bertolak dari pemikiran itu, Nurul Fikri berupaya berkiprah membangun sejumlah institusi pendidikan yang diharapkan mampu menjawab kebutuhan ummat dalam menyongsong masa depan yang gemilang sehingga predikat Khairu Ummah (ummat terbaik) dan Rahmatan lil -Alamin (Rahmat bagi semesta alam) dapat diraih.


MISI NURUL FIKRI
  1. Membantu para pelajar untuk memperoleh kesempatan guna melanjutkan studi di perguruan tinggi negeri (PTN) dengan biaya yang relatif terjangkau.
  2. Mewujudkan sarana dan fasilitas pendidikan yang baik yang mampu menunjang aktifitas pendidikan yang telah direncanakan sehingga dapat mencetak lulusan yang berkualitas.
  3. Menyediakan sarana-sarana yang menunjang kesejahteraan umat pada umumnya, terutama dari segi pendidikan.
  4. Mencetak pribadi-pribadi yang memiliki pemahaman yang mendalam dan menyeluruh terhadap ajaran Islam, wawasan berfikir yang luas, cerdas, kreatif, inovatif ditunjang semangat belajar yang tinggi.
  5. Menjadi media bagi penyebarluasan idealisme Islam di kalangan masyarakat akademisi, intelektual dan masyarakat luas.

SEJARAH SINGKAT BIMBINGAN DAN KONSULTASI BELAJAR NURUL FIKRI
Bimbingan dan Konsultasi Belajar Nurul Fikri (BKB NF) merupakan salah satu institusi pendidikan yang berada di bawah naungan Yayasan Nurul Fikri. BKB Nurul Fikri dirintis sejak tahun 1985 oleh sekumpulan mahasiswa dan sarjana muslim Universitas Indonesia yang memiliki kepedulian tinggi terhadap kondisi umat saat itu. Mereka kemudian saling bertukar fikiran mencari bentuk amal nyata yang dapat disumbangkan. Tercetuslah ide untuk menyelenggarakan suatu aktifitas yang sesuai dengan potensi yang mereka miliki, yaitu membuat lembaga bimbingan belajar.


Untuk pertama kalinya Bimbingan dan Konsultasi Belajar Nurul Fikri menyelenggarakan aktifitasnya di Jl. Kenari Jakarta pusat. Waktu itu jumlah siswanya hanya 35 orang, khusus bimbingan untuk menghadapi SNMPTN (dulu dikenal dengan sebutan SIPENMARU). Dari 35 siswa tersebut semuanya diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) favorit, dua diantaranya masuk sekolah kedinasan.


Keberhasilan ini memicu para perintis untuk lebih serius mengelola lembaga yang mereka dirikan. Kini, Nurul Fikri sudah memiliki 92 cabang yang tersebar dari Sumatera hingga Sulawesi, dengan jumlah siswa sekitar 40 ribuan dari berbagai jenjang, mulai 5 SD hingga kelas alumni SLTA.


Sejak awal berdirinya, Nurul Fikri telah membuktikan diri untuk tetap komitmen mewujudkan prestasi dalam setiap jenjang pendidikan. Nurul Fikri sebagai bimbingan belajar tidak hanya memberikan pengetahuan akademis semata, melainkan turut membimbing serta membina para siswa menjadi generasi unggul, Insya Allah.


Tersedianya SDM yang handal dan perangkat pendukung yang canggih merupakan jaminan mendapatkan mutu yang berbasis pada :
  • Pedagogis bukan retorika
  • Informasi bukan issue
  • Substansi bukan kosmetika
  • Data bukan rekaan

Selain jumlah perkembangan jumlah siswa yang cukup pesat, BKB Nurul Fikri juga telah berhasil mencatat prestasi yang menggembirakan dalam membantu siswa menembus berbagai PTN favorit melalui jalur SNMPTN (Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru) maupun non SNMPTN.

PENGAJAR


Para staf pengajar Nurul Fikri adalah pengajar-pengajar yang handal dan berpengalaman, terdiri dari sarjana dan mahasiswa yang memiliki prestasi, baik dari ITB, UI, UGM, UNPAD, UNJ, UPI dan PTN favorit lainnya di samping beberapa staf pengajar yang telah / sedang menyelesaikan program pasca sarjana di ITB, UI, UGM dan PTN lainnya.

MODUL BELAJAR


Dengan pengalaman ribuan jam mengajar di kelas selama bertahun-tahun yang dimiliki tim penyusun modul belajar serta dukungan software pengujian dan analisis mutakhir, maka lahirlah modul belajar BKB Nurul Fikri yang bermutu, sistematis dan handal.

0 komentar:

Posting Komentar